COMMVOYAGE 2023: Membangun Generasi Z Anti Hoax Melalui Literasi Digital

Foto bersama Siswa SMAN 1 Sooko Mojokerto
Seperti yang diketahui bersama, perkembangan teknologi berbasis
sosial media semakin merajalela pada saat ini. Pada perkembangannya pula
membawa berbagai dampak salah satunya yakni merebaknya penyebaran informasi
palsu atau hoax. Menanggapi hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi
Universitas Negeri Surabaya mengadakan salah satu program kerjanya yaitu
COMMVOYAGE 2023 dengan mengusung tema utama "MEMBANGUN GENERASI Z ANTI
HOAX MELALUI MEDIA DIGITAL". Acara ini diadakan bertujuan untuk memberikan
materi yang 'relate' kepada para
siswa SMA dalam menghadapi terpaan sosial media dan bahaya dari hoax, serta
memberikan solusi mengenai bagaimana cara mengatasinya.
Berkaitan dengan hal tersebut, Comm-Voyage menghadirkan dua sub tema pembahasan yakni Sosial Media dan Hoax, serta Literasi Digital. Dua subtema dari materi tersebut diisi oleh dua pemateri yang berasal dari mahasiswa aktif Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya yang sangat menginspirasi yaitu Qurri Aini (Penyiar TV9) dan Mauldey Salsania Nada (Ketua LPM-KTM). Sehingga kemudian, COMMVOYAGE 2023 berhasil diadakan dengan dua rangkaian acara di dua tempat yang berbeda. Rangkaian acara COMMVOYAGE 2023 yang pertama diadakan pada tanggal 20 Juli 2023 di SMAN 1 Sooko, Mojokerto. Acara tersebut disambut dengan baik oleh pihak sekolah dan juga 25 partisipan siswa SMAN 1 Sooko yang antusias berpartisipasi dan aktif selama kegiatan berlangsung.
Sama halnya pada rangkaian acara yang pertama, rangkaian acara
COMMVOYAGE 2023 yang kedua juga berlangsung dengan lancar di SMAN 1 Manyar,
Gresik, pada tanggal 27 Juli 2023. Yang dimana pada saat itu acara dihadiri
oleh partisipan siswa yang berasal dari ekstrakurikuler jurnalistik dan
perwakilan kelas yang bernama “influencer”
Dengan berakhirnya dua rangkaian acara COMMVOYAGE 2023 tersebut
diharapkan dapat memberikan output yang sesuai dengan tujuan utama diadakannya
kegiatan ini. COMMVOYAGE 2023 dapat memberikan pengetahuan serta informasi
mengenai bagaimana cara mengetahui dan menghindari berita hoax kepada
masyarakat. Sehingga hal ini dapat menjadikan masyarakat khususnya Generasi Z
untuk lebih waspada dan bijak dalam menggunakan media sosial untuk memilih dan
menyaring berita hoax yang bertebaran di Indonesia.
Penulis: Devi Kusuma Anggraini
Zabrina Rossabel N.