Commvoyage Strategi Pemanfaatan Medsos untuk Personal Branding bersama SMA Muhammadiyah 1 Blitar

Commvoyage adalah sebuah program kerja tentang pengabdian masyarakat yang ada dibawah naungan Hima Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya khusus nya dipegang oleh departemen Advokesma. Tema Commvoyage tahun 2024 adalah Socializing yang merupakan singkatan dari Social Media Utilizing for Personal Branding, tema ini diambil dengan tujuan untuk membangun awareness masyarakat khususnya Gen Z terhadap personal branding yang penting untuk dimiliki.
Dengan mengangkat tema penggunaan sosial media untuk membentuk personal branding yang baik, harapan nya masyarakat terutama Gen Z dapat mengoptimalkan penggunaan sosial media sebagai salah satu alat untuk meningkatkan skill yang ada dalam diri nya. Commvoyage Socializing: Social Media Utilizing for Personal Branding ini dilakukan pada tanggal 18 Juli 2024 di SMA Muhammadiyah 1 Blitar. Acara dipimpin oleh MC dari mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya bernama Fazar Ramadhan, dibuka dengan doa, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu MARS dari masing masing instansi, penyambutan ketua pelaksana, dan Ketua Himakom Universitas Negeri Surabaya serta tidak lupa dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Blitar.

Rangkaian acara kegiatan Commvoyage Socializing ini dibagi menjadi tiga, Pertama ada Bermain Itu Seru (BIS#1) yang merupakan mini games untuk mencairkan suasana serta menarik fokus dari teman-teman SMA Muhammadiyah 1 Blitar.
Lalu, setelah nya masuk ke rangkaian acara berikut nya bernama JALAN (Jelajah Pengetahuan). Pada rangkaian acara ini, temen temen dari SMA Muhammadiyah 1 Blitar diberikan wawasan tentang penting nya membangun personal branding di media sosial, tips membangun personal branding di sosial media, serta sharing session tentang membangun personal branding oleh pemateri yang berasal dari Ketua LSO PR APPRENTICE Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya, Widya Tanti. Untuk menjaga antusianisme dari temen temen SMA Muhammadiyah 1 Blitar, Tim Panitia membuat mini games Bermain Itu Seru bagian dua (BIS#2).

Selanjutnya, masuk rangkaian acara yang ketiga, yakni LALIN (Latih dan lihat kemampuan). Pada kegiatan ini para temen temen dari Sma Muhammadiyah 1 Blitar dibagi menjadi lima kelompok yang berisikan anggota lebih dari delapan orang. Setelah membagi kelompok, para siswa akan diberikan nama nama influencer (artis Indonesia) dan diberikan studi kasus yang berfokus pada pemahaman mereka tentang materi personal branding yang sebelum nya telah diberikan oleh pemateri. Pada akhir acara, ada pemberian kenang kenangan berupa plakat dan sertifitat dari Himakom Universitas Negeri Surabaya kepada SMA Muhammadiyah 1 Blitar dan dilanjut sesi foto bersama. Dari kegiatan Commvoyage Socializing yang telah terlaksana ini, diharapkan agar ilmu dan wawasan yang diberikan bisa bermanfaat untuk kedua belah pihak serta terjalin hubungan yang baik antara Hima Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya dengan SMA Muhammadiyah 1 Blitar.